Apa dan Bagaimana Mengatasi Nipple Blister?

haloohaaaa…

MImom asi

Sudah mulai enjoy menyusui si bayi. Tapi tiba tiba, suatu hari Ibu mengalami ‘jerawat’ pada puting payudara. Warnanya putih, kecil. Ngegemesin. Tapi kalo dipakai menyusui? Alamak! perihh nya minta ampun. Apaan coba itu? Masa jerawat bisa tumbuh di puting? Seperti asi tersumbat, tapi dibersihinnya kok susah? Ahe, itu namanya nipple blister. Yuk kita bahas tentang nipple blister ini yuk…

Pengertian Nipple Blister

Nipple blister atau bisa dikenal dengan Bleb adalah suatu kondisi dimana terdapat pori di ujung puting payudara yang tersumbat. Ciri khas penampakannya adalah bercak putih, kecil dan berbatas tegas. Mirip sekali seperti jerawat pada permukaan kulit wajah tapi dengan warna putih(bukan merah meradang)

Tanda tanda Nipple Blister apa aja sih?

Selain ciri khas seperti di atas ( bercak putih, kecil dan berbatas tegas) , kadang puting dapat mengalami distensi( seperti menegang, licin permukaannya), khususnya jika banyak pori yang tersumbat. Kadang jika berulang, tampak kulit puting tumbuh diatas atau sekitar nipple blister tersebut.

Ibu menyusui akan mengalami nyeri puting saat mulut bayi melakat dan menyusu secara aktif. Nyerinya juga bisa terasa saat puting bergesekan dengan pakaian dalam atau baju. Sakit dari nipple blister ini juga dapat terasa menyebar diseluruh payudara hingga ke punggung Ibu.

Apasih penyebab Nipple Blister?

Konon , belum ada bukti bukti valid yang menyatakan kenapa ibu menyusui bisa mengalami bleb atau nipple blister.  Ada jurnal yang mengatakan hal ini disebabkan karena konsumsi lecitin yang penuh/ melebihi jumlah normal pada ibu menyusui tersebut. Lecitin banyak terkandung dalam kacang kedelai dan kuning telur.  Faktor penyebab yang lain bisa jadi karena posisi pelekatan yang belum efektif, jangka waktu menyusui yang dibatasi, tekanan yang berlebih pada payudara (seperti menggunakan BH berkawat dengan size yang tidak cocok), bingung puting pada bayi, dll

si Nipple blister jerawat pada puting yang bikin sakit saat menyusui. source;treatandheal.com

Terus , bagaimana cara mengatasi Nipple Blister ini mimom?

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan di rumah untuk mengatasi nipple blister ini

  1. Pahami penyebab bleb ini lalu atasi penyebab tersebut. Contoh, bila penyebabnya adalah tekanan berlebih pada payudara karena pakaian dalam yang terlalu ketat/menggunakan kawat, maka ganti pakaian dalam dengan pakaian yang nyaman dan mensupport menyusui. Atau bila ternyata bayi mengalami bingung puting atasi bingung puting tersebut.
  2. Kompres puting dan payudara menggunakan air hangat yang dicampur dengan garam selama 2-4 menit sebelum menyusui. Kompres ini akan membantu melebarkan pembuluh darah disekitar payudara dan membuka salurannya. Segera susui bayi setelah kompres. Hisapan bayi akan membantu melepas bleb tersebut.
  3. Pijat puting susu dengan lembut. Selain hisapan bayi pijatan pada puting susu dengan cara yang lembut dapat membantu melepas blister/bleb tersebut
  4. Gunakan salep lanolin atau salep yang mengandung antibiotik jika blister disertai dengan luka lecet yang bisa mengarah ke infeksi. Pakai salep nya atas petunjuk dokter juga ya;)
  5. Bila satu payudara yang terkena blister, buat nyaman seluruh tubuh sebisa mungkin dengan tetap menyusui menggunakan payudara yang tidak terkena blister terlebih dahulu, baru diikuti dengan payudara yang memiliki blister.
  6. Memompa menggunakan alat pompa kadang justru memperparah nyeri. Gunakan teknik perah manual terlebih dahuluuntuk membuat lingkungan disekitar puting lembab baru kemudian bisa di ikuti dengan pompa dan diakhiri kembali dengan perah tangan. Teknik ini dapat digunakan untuk tetap menjaga pasokan asi dan memastikan payudara kosong sempurna.
200px-WWD_Ch12_Page_261-1
kompres payudara

Bila cara cara di atas tetap tidak dapat menangani nipple blister, mimom sangat menyarankan Ibu untuk pergi menemui dokter, konselor menyusui/laktasi. Biasanya tenaga medis akan membantu ‘ memecahkan’ blister tersebut menggunakan jarum steril.

Ah ya, ada beberapa hal yang perlu diwaspadai. Blister pada puting ini suka nyaru, alias bersembunyi bersama gejala penyakit lainnya  seperti herpes zooster, jamur pada puting Ibu atau mulut bayi, mastitis,dsb. Jadi ibu mesti make sure, tidak ada gejala dari penyakit lainnya ya:)

happy breastfeeding:*

Mimom, tengah malam menjelang pagi sambil nonton drama korea:))

Share This:

You may also like

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *