3 Sinetron era 90-an ini, Pantas Untuk ditonton Ulang

sinetron-90-an-yang-asik-ditonto

Sesuai dengan prinsip trend, beberapa kali trend akan berulang kembali. Seperti waktu 3 sampai 4 bulan yang lalu, di tv nasional muncul kembali sinetron tahun 90-an yang sempat booming di jamannya. Ada yang diputar kembali seadanya, ada juga yang di remake ulang. Kebanyakan adalah sinetron yang bertema makhluk halus (jin, tuyul,dsb) atau kisah percintaan.

Nah mimom kali ini, mumpung libur pengen cerita tentang sinetron tahun 90-an yang menurut mimom mestinya diputar ulang di jam jam anak kecil bisa nonton (kalopun ga bisa diputar di prime time), soalnya menurut mimom penokohannya bagus, alurnya apik dan pesan moral yang terkandung didalamnya sangaat bagus. Kenapa mimom pengen cerita tentang hal tersebut?Karena pertama, jujur, mimom dulu juga anak hasil didikan sinetron:)) Tapi jaman dulu sinetron yang ada bikin kita jadi moving up pengen jadi orang baik dan berguna. Kedua, sekali nya mimom nyetel tv di jam prime time tv ( sekitar pukul 17.00- 21.00 ) acaranya  kalo ga tentang percintaan, bullying, hedonis , aihh jarang banget yang tema kaya tahun 90-an dulu. So, sinetron apasih ituuh? Yuk marii kita bahass…

  1.  Keluarga Cemara

Abah, Emak, teh Euis, Ara dan Agil adalah pemeran utaman dalam sinetron ini,. Kalo baca sumber di wikipedia, sinetron ini mulai main dari tahun 1996 hingga tahun 2004. Cerita nya tentang keluarga sederhana, eh awalnya ga sederhana dink. Abah kalo tidak salah dulunya pengusaha atau pegawai yang sukses gitulah. Terus karena ada intrik atau politik dalam dunia kerja(atau PHK ya?) Abah tidak bekerja lagi dan narik becak. Tinggalnya di gubuk sederhana tapi ampun cubangett gubuknya:)) dulu inget banget ditata rapi, ada pemisah antara kamar untuk ketiga putrinya.

Anak2 dan Emak bantuin abah dengan berjualan opak which is mimom baru tahu bentuk opak yang dikasih siraman gula merah di atasnya, nampak enak*drooling*. Scene terbaik yang sampe seakrang masih nyantol di otak mimom adalah saat teh Euis menstruasi (dimana Abah dan Emak ngejelasinnya bagus banget menurut mimom kala itu sebagai anak2) dan scene dimana anak2 diminta untuk jujur berjualannya.

Sinetron ini menurut mimom, sangat layak tayang ulang. Isinya tentang keluarga yang harmonis dan kompak. Tidak mempertontokannya kemewahan. Dialog yang dibawakan juga padet berisi pendidikan. Ceritanya ga mengada ngada ( dimana mimom inget ada scene Emak bete dan kesel sama hidup sengsara mereka tapi sayang sama keluarga) dan sekarang mimom baru sadar yam namanya keluarga pasti kan ada naik turunnya. Ga mungkin baik terus maupun jahatt terus ( ala sinetron jaman sekarang yang isinya keluarga aja saling bunuh2an )

nih mimom kasih salah satu scene sinetron ini:

2. Si Doel, Anak Betawi

Duh, kalo yang satu ini.. legenda banget! udah pernah sih diputar ulang di stasiun tv yang sama tapii tetap aja menurut mimom masih laya tayang ulang. Kayanya ga perlu dijelasin panjang lebar orang orang juga dah banyak tahu tentang sinetron ini.  Sebenarnya ceritanya banyak juga soalya percintaannya apalgi tuh cinta segitiga antara si Doel, Sarah dan Zainab. Tapi selain itu, cerita tentang keluarga sederhana yang ingin penghidupan yang lebih baik tapi mengutamakan kejujuran juga layak untuk di tayangkan kembali.  Udah gitu , ditambah cerita kerukunan antar etnis ( Doel, Mandra berkawan sama orang jawa, orang india orang cina) dengan tidak menanggalkan akidahnya. Ga ada ngejek ngejek etnis lain, yang ada mereka hidup rukun banget nget nget.

Mau tau scene favorit mimom:)? Pas si Doel lolos kuliahnya donk.. itu alm. Babeh epic bangett acara pengumumannya.

3. 1 Kakak, 7 Ponakan

mimom jujur ga terlalu sering nonton sinetron yang satu ini . Yang mimom suka dari sinetron ini adalah ost. pengantar sinetronnya. Pengen deh ada yang ngebawain lagu ini dengan versi terbaru, karena ya ampunn.. liriknya dalam bangett buat pelajaran anak anak jaman sekarang.. yang selalu risau sama gadget terbaru, yang selalu risau kalo belum jalan ke tempat hitss dan berfoto disana,

Reff nya asik banget loh: Matahari membagi rata sinarnya, air laut membagi adil asinnya.. Gaes.. ga usah risau, di dunia ini semua masih bisa kita usahain. Apalagi kalo jadi anak muda, usaha terus jangan galau mulu:))))

Sekian dulu deh cerita mimom. Oiya kalo kita cermati baik baik diketiga sinetron di atas, kampanye menyusui langsung masih banyakloh.. ga pake dot or sufor:))) asikkk kan? sesuai sama visi mimom:P

 

Happy Holiday, happy watching and Happy breastfeeding:* !

Share This:

You may also like

15 Comments

  1. Astaga ini kreatif sekali konten ini. Saya paham semua ketiga sinetron ini. Semua saya tonton secara rutin. Terutama keluarga cemara, yang bikin flashback tapi ngakak ketika dengerin lagunya di video di atas. Apalagi pas kalimat. “Jangan lupa oleh-olehnya permen. Permen apa aja lah teh!” Wkwkwk..

  2. Di antara tiga sinetron di atas cuma satu yang saya tonton zaman SD dulu mbak: keluarga cemara. Itu juga saya udah lupa gimana garis besar ceritanya. Hehehe. Udah baca postingan mbak baru deh inget lagi.

    Tapi yang pasti saya inget kalau itu sinetron yang baguuusss. Andai buat anak zaman kini ada sinetron yang kayak gini ya. 🙂

  3. Yes yes sidoel memang favorite sampe nyari episode awalnya digoogle akhirnya nemu awal sidoel kenal sara karena opletnya nabrak mobil sara dan episode kerennya atuh masuk ke tanjidor harus dikasih minyak hahahaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *