Tips Asik Menyusui Bayi Kembar

babytwin

Udah pada tau kan Surya Saputra dan Cyntia Lamusu udah punya bayi kembar? duh seneng banget deh ngeliat nya kann. Apalagi katanya anaknya yang kembar ini sudah jadi penantian selama 8 tahun. Pas liat foto sebelum persalinan aja udah mengharukan apalagi liat bayi nya pada udah lahir dan ngeliat mas ((mass)) Surya Saputra foto sama anaknya. Mimom jadi pengen nulis ttg bayi kembar dan menyusui deh:) Mimom juga baru belajar gara gara liat bayi bayi kembar itu. Mimom sarikan disini ya hasil dari belajar mimom 🙂

  1.  Ibu, yang mempunyai bayi kembar tetap bisa menyusui eksklusif dan melanjutkannya hingga 2 tahun loh. Ibu dengan bayi kembar dua akan menghasilkan asi dua kali lipat dari ibu dengan anak satu. begitupun dengan bayi triplet (kembar 3) ibu bisa menghasilkan asi hingga 3 liter per 24 jam. Yang diperlukan pertama kali adalah percaya diri dan sedikit keras kepala:)
  2. Kumpulkan banyak informasi, gali sedalam dalamnya.  informasi seperti rumah sakit yang pro ASI, dokter dan nakes yang mau melakukan imd, rawat gabung lalu apakah ada konselor/komunitas pejuang asi di kota Ibu. Hal ini bisa jadi poin penting karena kesuksesan menyusui bayi kembar  bisa bermula dari sejak kehamilan.
  3. Ada kemungkinan bayi kembar akan dilahirkan prematur, oleh karena itu bersiaplah untuk keadaan tersebut. cari rumah sakit yang menyediakan fasilitas NICU dan syarat di no.2 di atas.
  4. Ibu perlu memberikan penanda untuk bayi kembar?weh ngapain di tandain mimom? Pada bayi kembar dengan jenis kelamin yang sama, penanda diperlukan juga untuk keberhasilan menyusui, karena kita bisa melihat intesitas serta kebutuhan masing masing bayi.
  5.  Hal yang kadang membingungkan ibu yang memiliki bayi kembar adalah jadwal menyusui si bayi. Ada beberapa alternatif cara/jadwal menyusui bayi kembar. dan sekarang udah banyak loh aplikasi yang memungkinkan kita buat mencatat hal tersebut. beberapa contoh jadwal menyusui bayi kembar sebagai berikut ya :
  • Jika bayi tidak meminta menyusu bersamaan, tawarkan setiap bayi kedua payudara.
  • Jika ibu menyusui tandem (keduanya secara bersamaan),berikan payudara yang sama pada setiap hari selama 24 jam dan ganti ke payudara lainnya pada 24 jam berikutnya. Ilustrasinya sebagai berikut:
  • Pada hari senin, bayi A menyusu payudara kiri, bayi B payudara kanan, bayi C pada payudara kiri. Maka pada hari selasa di switch, bayi A menyusu pada payudara kanan, bayi B payudara kiri dan bayi C pada payudara kanan. Saat bayi A dan B atau bayi B dan C sedang menyusu tandem, bayi yang tidak menyusu langsung pada payudara diberi asi perah.
  • Atau bisa berikan payudara yang sama sepanjang waktu(tidak diganti rotasinya) pada tiap bayi. tapi Ibu mesti memperhatikan bentuk kepala bayi ya . Karena kadang, dengan posisi yang sama bentuk kepala bayi bisa tidak simteris. meskipun ini belum ada bukti ilmiah secara valid.
  • Bayi yang tidak siap dengan aliran ASI yang deras, jangan menyus pada payudara yang penuh. Letakkan bayi yang sudah lancar menyusu terlebih dahulu, agar Ibu bisa membantu bayi lainnya untuk melekat dengan baik sesudahnya.

 

6. Posisi menyusui juga bisa menentukan prestasi 😀 yang perlu di ingat, cari posisi yang nyaman untuk ibu terlebih dahulu ya mom, baru kemudian untuk bayi bayi. bisa dibantu dengan bantal menyusui khusus untuk bayi kembar (biasanya bentuknya lebih luas) . Pelekatan mungkin agak sulit diawal, tapi karena menyusui juga salah satu proses belajar, jadi jangan pantang menyerah Ibu:* ini mimom kasih beberapa ilustrasi posisi menyusuimenyusu-kembar

7.   No bottle feed, buat bayi kembar maupun prematur. Karena selain bisa menimbulkan bingung puting,pemberian asi perah dengan botol bisa menimbulkan overfeeding, bayi bisa meminta lebih. Hal ini akan menyebabkan asumsi asi tidak cukup karena bayi ‘terlihat’ meminta terus. di luar masa growth sprut tapi ya:)

8. Kegiatan menyusui bayi kembar, membutuhkan energi untuk si Ibu. Untuk dua bayi kembar, kalori yang dibutuhkan si Ibu dapat mencapai 1500 kalori setiap harinya. Jadi makan dan minum yang cukup adekuat ya Ibu supaya tidak malnutrisi maupun dehidrasi:)

9. Bila mampu, lakukan perah asi menggunakan pompa asi bertenaga double (double pump). Pompa dengan jenis tersebut bisa membantu ibu lebih cepat memerah sehingga waktu yang lain dapat dipergunakan.

10.  Ada kalanya dan (banyak) orang yang tidak membantu 100%niat ibu untuk menyusui bayi kembar. Disini selain tekad dan niat yang kuat, dibutuhkan juga dukungan dari suami dan tenaga kesehatan.

source: – buku pintar asi dan menyusui

menyusui bayi kembar- asti praborini

-kellymom.com

Itu sedikit tulisan dari mimom untuk ibu ibu menyusui bayi kembar, disarikan dari beberapa sumber yang ada. Semoga dapat membantu ya:)

Happy breastfeeding!

Share This:

You may also like

12 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *