7 Cara Simpel Mengatasi Payudara Bengkak

cara-simpelKemarin, mendengar tentang cara mengatasi payudara yang bengkak di RRI yang dibawakan oleh AIMI Purwokerto. Jadi deh ikutan merangkum dan menulis kembali disini:)

Mengeluarkan asi itu sangat penting untuk produktivitas dari asi. kalau terlambat dikeluarkan payudara bisa penuh kemudian bengkak. bedanya apa sih sayy…

payudara-bengkak_001

Terus kenapa payudara bisa membengkak?bisa jadi penyebab nya adalah:

  1. ASI yang banyak
  2. telat buat memulai menyusui (bisa terjadi karena ibu tidak dirawat gabung bersama bayi)
  3. Posisi dan pelekatan yang kurang baik
  4. Pengosongan ASI tidak sering dan teratur
  5. Proses menyusui yang dibatasi

Lalu bagaimana menangani si payudara yang bengkak tersebut? berikut 7 cara simpel mengatasi payudara yang bengkak ya Mom..

  1. Kalau si bayi masih mampu dan mau menyusu, maka sebaiknya bayi menyusu lebih sering pada payudara yang sedang bengkak. Hal ini bertujuan supaya pengosongan payudarala s cepat terjadi.
  2. Kalau payudara terlalu kencang dan bengkak sehingga si bayi menolak meyusu maka langkah pertama bisa dicoba teknik RPS
  3. Bila sudah dilakukan teknik RPS tersebut, Ibu bisa mulai memerah asi , baik dengan tangan maupun dengan pompa. Yang perlu diingat, memerah pada payudara bengkak berfungsi untuk melunakkan payudara. Pengosongan yang sempurna tetap ideal dilakukan oleh bayi ya bu:)
  4.  Sebelum menyusui atau memerah, bisa Ibu lakukan rangsangan oksitosin seperti memakai kompres hangat pada payudara, mandi air hangat, pijat oksitosin di tengkuk, pijat payudara dengan lembur, makan dan minum yang bisa membuat Ibu rileks dan happy. Penting loh ini:D kalo kita sudah keburu spaneng dan stres, payudara se bengkak apapun ga akan bisa mengeluarkan asi. karena oksitosin terhalang hormon stress:)
  5. Setelah menyusui bisa dilanjutkan dengan memerah kembali dengan tangan maupun alat pompa. Lalu berikan kompres dingin pada payudara.
  6. Untuk memberikan rasa nyama, bisa ibu coba beberapa cara tradisional yang terbukti efektif seperti meletakkan lembaran daun kobis pada payudara:)
  7.  Last but not least, tetap percaya diri ya Bu. Yakin tetap bisa ngasih ASI ke putra/putrinya. it just a little case for a huge benefits

 

Sekian, semoga bermanfaat:)

Yang butuh belanja perlengkapan asi, bisa mampir ke instagram @tokomimom untuk update stok terbaru dagangan Mimom ASi yes:*

Happy breastfeeding!

Share This:

You may also like

21 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *