Asiknya Kelas Artikel SEO bersama Isah Kambali

kelas-seo-artikel

Kalian tau SEO? Search Engine Optimization. Kalian tau artinya? Kalau kata mas Wikipedia sih, artinya  suatu kegiatan yang dilakukan untuk meng-OPTIMAL-kan website kita dimata search engine tersebut. Kalau yang sekarang paling di incar tentunya dimata search engine bernama google. Satu artikel ber SEO yang bisa nyangkut di halaman pertama pencarian di mata google, bisa menjadi indikasi website kita SEO nya oke. Siapa itu Isah Kambali? Nanti mimom bahas dibawa yes..

Trus ngapain mimom tiba tiba ngomongin SEO?Ada hubungannya sama menyusui?

Hae hae, sedikit banyak berhubungan sama website ini yang berisi tentang menyusui dan hal hal lain seputar hidup mimom.  Jadi, mimom dari kecil memang suka menulis. Menulis di blog sekarang adalah salah satu cara mimom berusaha untuk mencapai tujuan hidup. duh, klise amat kedengerannya ya. Tujuan hidupnya adalah, bermanfaat buat orang lain. Menulis untuk bermanfaat. Gitu deh penjelasan pendeknya.

Balik lagi ke SEO, tulisan yang ditaruh di media online, baiknya memang ber-SEO. Atau kalo kita jualan produk, baiknya kita meninggalkan jejak kita di web/blog/ecommerce kita sendiri. Karena berbagai sosial media, marketplace itu sifatnya fana;p Kalo kita ga eksis eksis banget, sulit rasanya nongol di halaman pertama di google, atau di marketplace tersebut.Yang kedua, ya you know, sosial media tersebut bisa saja hilang ditelan bumi. Seperti multiply yang dulu sempat setia menemani mimom bergalau galau ria;p. Hal ini udah mimom ketahui dari tahun 2011-an . Waktu itu sering lihat pembahasan tersebut di twitter. Baru beberapa bulan ini mimom tertarik untuk serius menulis yang bisa dibaca google, atau dengan kata lain bisa ditemukan sama ibu ibu yang sedang mencari info tentang ASI dan Menyusui. Caranya bagaimana? Mulailah mimom cari tau…

Someday, temen mimom bernama @pipitnyai bercerita tentang seorang mba mba asal brebes yang sukses berbisnis lewat SEO. wihh, bisnis apa tuh produknya? jilbab ? baju kerja? atau botol kaca kaya jualan mimom? ternyata mba nya jualannya Marketing Online, website, dan data data seputaran dunia digital. Kok bisa yah? Itu ga bentuk benda loh semua, semuanya “barang” yang hanya ada di internet. Kepooo kan mimom jadinya. Udah gitu ada embel embel cerita juga, kalau mba-nya ini lulusan Unsoed dan pernah bermukim di Purwokerto. Bahahak, iya kadang mimom emang receh banget, tau punya ‘kesamaan’ lokasi aja langsung tertarik gitu.

Pikir mimom ” woh, doi bisa diajak ngobrol sambil ngapak donk!” :)))

Googling lah nama beliau dan nama kelasnya, trus ketemu, trus langsung pengen ikutan, trus langsung WA beliau dan transfer biaya. Nih kalo mau tau jadwal dan promo kelasnya, mimom kasih salah satu promo beliau kemarin.

kelas-artikel-730x730

 

Pas masuk ‘kelasnya’ hari Senin, total ada 20an orang yang masuk. Kelas onlinenya ini via whatsapp, ga via webinar, dll,jadi komunikasi dua arah bisa sambil disambi ngemil dan ngurus anak, plus ga makan data internet terlalu banyak. Penting emang, emak irit soalnya.

Inget banget deh, perkenalan aja butuh waktu 3 hari. Masuk kelas resminya mulai hari Rabu. Total temen temen di grup  artikel SEO dengan mba Isah Kambali sekarang ada 41 orang, dari berbagai kota dan latar belakang. Yang lucu pas hari kedua, mb Isah nya pamer screenshoot percakapan WA beliau. Isinya ada customer nanya ‘mba, masih jual telor asin ga? berapaan?’ :)))))))  segala telor asin beliau masukin SEO dan terusss ada yang nanya masih jualan apa nggak. Padahal mba Isah nya dah resign jualan telur asin dari tahun 2010-an sekian. Aslik ngakak banget bacanya.

Kelas Whatsapp ini, adalah bentuk kelas yang asik. dimulainya dari pukul 20.00-22.00, tapi efektifnya malah biasanya dari jam 20.30-23.00. Setengah jam awal biasa diisi absen sama kata kata

“cikguu, mana voice note nya cikguu… kami kangen”

“mba Isah, aku pamit dulu yaa.. lagi megang anak” atau mimom dengan alasan klise

“mbaa, aku ijin nyimak dulu. Lagi di klinik ada pasien” ;p

Tapi apakah asik membuktikan kelasnya santai? kagak tuh. Yang ada kita hampir di kasih PR tiap pertemuan resmi setelah ndengerin voice note beliau. PR yang pertama aja analisis data di google keyword planner.. udah bikin mumet XD

Pertemuan berikutnya dikasih PR lagi, bikin blog baru, nulis di website beliau bernama melekinternet, ga tanggung tanggung, disuruh nulis 10 artikel:)))))) pengennya manja, ntar ntaran garap tugas nya, tapi mba Isah dengan santunnya nulis di grup, ” kalo ndak garap PR sampe deadline gapapa, tapi jadi tambah 1 artikel lagi ya” atau bilang dengan emoticon senyum dibelakangnya, ” kalo absen ga garap tugas, tanpa pemberitahuan yang benar,keluar dari kelas ya”

Untungnya selain PR yang dibikin mumet, kondisi kelas, gurunya ( mb Isah ) dan kawan kawan yang ber-empat puluh satu itu asikk semua. Kadang ngebut, kadang selow. Ada yang kesulitan dikit langsung yang lain nyambung, reply dan bantuin.  Ada yang ketinggalan obrolan, langsung di sautin udah sampe mana biar cepet ngerti, sampai ada yang sering typo dan bikin rusak alignment absen ( tersangkanya mimom sebenernya:p ) langsung cepett loh ada yang benerin dan ngerapihin ( special thanks to mba @mobintakusuma , dan mba mas lainnya yang sering benerin, makasih ya mbaa mas:D )

Plus, di kelas online macam kelas Artikel SEO nya mba Isah, mimom ketemu banyak banget kawan kawan yang jualan produk dan jasa unik. Ada yang jual jahe merah, ada yang bikin jasa pembuatan taman vertikal, ada yang jual aksesoris. Kalo pas bukain PR temen temen ( iya, kalo habis garap PR mesti laporan di jembrengin link nya di grup gitu..) suka kagum sendiri mimom nya, idenya pada kreatif *thumbs up*

Lalu lalu, apakah mimom sudah merasakan manfaat dari kelas?

Ah, itumah ga usah ditanya. Sekarang tiap hari adaaaaa aja yang tanya sewaan freezer asi di purwokerto dan sekitarnya, atau adaa aja yang mau belanja perlengkapan asi di Purwokerto dan ketemuan sambil konseling tentang asi. Pas mimom iseng tanya satu satu, tau darimana mimom asi? jawabannya dari google mba, baca web mba.. Yeay! super Yeay!

Udahlah ini nulis panjang, macam nulis surat warisan. Intinya mimom puas banget, meski kelasnya masih berlangsung, mimom udah gatel pengen nulis review kelas ini:p Kalo man teman mau cari tahu lebih lanjut tentang kelas Artikel SEO atau mau lebih kepo lagi sama sosok lulusan sarjana pertanian tapi jadi bakul website terkenal termahsyur ini, monggoh mimom kasih tau website yang utama yang dipegang sama beliau, mba Isah Kambali.

www.isahkambali.com

www.ibudigital.com

www.melekinternet.com

atau di googleplus beliau di : Isah Kambali

Kalo kalian ngobrol sama beliau di WA, bilang aja dapat salam dari mimom ASI, si @arumdyahk :p orangnya asik kok, asal jangan temen tanyain masih jualan telor apa ga:)) karena jawabannya udah di atas review ini;)

 

Happy SEO-ing and Happy breastfeeding!

 

Share This:

You may also like

8 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *