Tentang Kolostrum, Sihir Ajaib dari ASI

 

Apa itu kolostrum?

Kolostrum adalah susu yang dihasilkan oleh kelenjar susu dalam tahap akhir kehamilan dan beberapa hari setelah kelahiran bayi. Kolostrum merupakan asi terbaik yang harus keluar pada hari ke 0-5 hsetelah bayi lahir.

Apa Manfaat kolostrum bagi bayi baru lahir?

– kolostrum merupakan imunisasi pertama bagi bati karena mengandung berbagai zat pelindung.

– Kolostrum juga membantu pertumbuhan kuman baik laktobasilus bifidus yang menjaga cerna bayi

– Kolostrum membantu pengeluaran mekonium (feses awal bayi) yang berwarna hijau kehitaman sehingga membantu mencegah kuning pada bayi

Apa saja Kandungan Kolostrum?

Kolostrum dan Asi dini/awal mengandung 1-3juta sel darah putih(leukosit ) per ml. Dalam sumber lain disebutkan terdapat lebih dari 50 proses pendukung perkembangan imunitas termasuk faktor pertumbuhandan perbaikan jaringan terdapat dalam kolostrum. Perbedaan usia Ibu mempunyai pengaruh terhadap kadar antibodi yang terkandung dalam kolostrum. Ibu yang masih remaja, kolostrumny amemiliki kadar IgA dan IgM sekretorik lebih banyak dibanding ibu yang usianya lebih tua.
Selain itu, kolostrum mengandung zat zat spesifik antara lain:

1. Antibodi khusus, yaitu SIg A yang dapat melapisi saluran cerna bayi yang masih seperti saringan bocor saat bayi baru lahir, agar ia terlindung dari berbagai zat yang dapat menimbulkan alergi maupun infeksi. IgA sekretori atau sIgA didalam asi dilaporkan memiliki aktivitas antibodi terhadap virus (polio, rotavirus, echo, coxsachie, influenza), bakteri( streptococcus pneumoniae, E.coli, shigela, salmonela) dan enterotoksin( Vibrio cholerae serta Giardia lamblia)

2.Laktoferin yang bersifat antimikroba dan membantu membawa zat besi untuk bayi.

3. Vitamin larut dalam lemak (vitamin A dan E), beta carotene, serta antioksidan.

colostrum2

colo3

Berapa Banyak kolostrum ideal untuk bayi baru lahir?

Meskipun disebut sebagai liquid gold, kolostrum diproduksi dalam jumlah yang sangat sedikit( setiap kali bayi menyusu pada hari hari pertama, hanya minum 1-2 sendok teh kolostrum). Hal ini dikarenakan kapasitas lambung seorang bayi hanya 5-7ml setiap kali minum atau setara dengan biji kelereng. Jadi jumlah kolostrum yang ‘nampak’ sedikit itu ternyata yaa… pas kok buat si bayi 🙂

colo1

Bagaimana agar Kolostrum cepat keluar?

Ketika bayi baru lahir, hisapan bayi akan merangsang payudara mengeluarkan ASI yang telah ada sejak kehamilan dalam bentuk kolostrum. Kolostrum akan keluar di hari-hari pertama dalam jumlah 2-20 mililiter tiap sesi menyusui, kemudian proses produksi ASI selanjutnya berubah seiring dengan semakin tingginya jumlah prolaktin. agar kolostrum cepat keluar? balik lagi  ke tips sukses menyusui pada awal kelahiran, yaitu IMD dan rawat gabung, latihan terus menyusui langsung selama 24 jam pertama:)

colostrum_composition

 

sumber tulisan:

panduan perawatan bayi dan balita, dr Fransica Handy, sp.A

buku bedah ASI IDAI

Share This:

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *