10 Cara Simpel dan Efektif Memperbanyak Asi

10-cara-simpel-dan-efektifmemperbanyak-produksi-asi

Seperti yang sering mimom ceritakan bahwa asi adalah supply and demand. Semakin banyak dikeluarkan maka asi semakin banyak keluar. Seorang ibu yang sudah melahirkan terkadang bingung bagaimana caranya untuk memperbanyak asi. Nah mimom punya beberapa cara simpel tetapi efektif untuk memperbanyak asi tersebut. Yuk silahkan disimak:)

 

1. Memiliki Jadwal rutin untuk memompa asi.
buatlah jadwal rutin untuk memompa asi, dengan waktu yang sama setiap harinya.Dengan jadwal yang rutin, tubuh akan memproduksi lebih.

pumping-schedule
2. Pijat payudara sebelum memompa asi
PIjat payudara berguna untuk menstimulus asi keluar dan melunakkan jaringan payudara, sehingga membantu asi keluar lebih mudah.

pijat-payudara
3. Minum lebih banyak air
ingin memproduksi asi lebih banyak, maka minumlah lebih banyak. seorang ibu yang dehidrasi tidak dapat memproduksi asi dengan baik dan maksimal.
4. Lakukan sesuatu yang membuatmu rileks saat memompa asi
mimom selalu berpesan epada teman teman ataupun klien konseling, lakukan hal hal yangmembuat ibu rileks saat sedang memompa asi seperti mendengarkan musik, bersenandung, menonton tv atau film, dsb. A happy mom can induce the let down reflex (ldr) easily.
5.Mengingat bayi saat sedang memompa asi
sama dengan mendengarkan musik atau menonton, melihat foto dan video bayi kita dapat menstimulis LDR juga.
6. Memompa asi saat pagi hari
Studi membuktikan bahwa tubuh kita memiliki waktu efektif untuk memproduksi asi yaitu setelah bangun tidur. Jadi jadikan waktu memerah pertama kali saat pagi hari/ sesudah bangun tidur sebagai salah satu jadwal rutin memompa asi.
7. Pompa atau perah langsung sesudah menyusui bayi
sesudah menyusui langsung bayi dan bayi sudah kenyang, maka perah payudara kita untuk mengeluarkan asi kembali. Hal ini efektif untuk benar benar mengosongkan payudara. Payudara yang kosong akan meminta otak untuk kembali memproduksi asi.
8. Coba untuk memompa asi lebih sering dengan waktu memompa lebih pendek

9.power pumping
power pumping adalah sebuah usaha kita untuk memberikan sinyal bahawa bayi kita sangat membutuhkan asi ( biasa terjadi pada masa growth sprut). Ibu ibu yang menjalani power pumping biasanya akan merasakan hasil dalam waktu 2-3 hari setelahnya.

power-pumping
10. Tetap menyusui langsung bayi
di antara 9 tips di atas, tips terakhir ini adalah hal yang paling simpel tapi menjadi kunci terpenting untuk meningkatkan produksi asi.Produksi asi akan lancar karena payudara mendapat perintah untuk berproduksi terus menerus. Susui bayi langsung saat bayi baru lahir hingga minggu minggu pertamanya lalu dilanjutkan dengan tips di atas:)

salah satu infografis yang keren yang mimom contoh ada dibawah ini:)

pumping-more-milk

Share This:

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *