5 APLIKASI ANDROID UNTUK IBU MENYUSUI

5 APPS

Aplikasi gratis untuk ibu menyusui??

As long as we all know, jaman sekarang semuaa hal sudah bisa dipermudah. Karena apa? Karena adanya teknologi. Salah satunya adalah kita dipermudah dengan pemakaian smartphone. Buat bikin portofolio hidup, nulis curhatan kita, edit foto, mainan game edukatif buat anak, sampai ngingetin kita buat minum air putih. Nah nah nah, tau kan apa yang mimom maksud? Yap! aplikasi aplikasi yang ada di smartphone sekarang, udah bejibun banyak dan variasinya plus gratis pulak!

Beberapa bulan yang lalu sempat kepikiran, ada ga sih aplikasi di andoroid untuk ibu menyusui. Sayangnya waktu itu cuma kepikir saja, ga langsung nyari atau ditulis dinote khusus. jadi aja lupa. Malam ini keinget lagi, dan berpikir mesti ditulis nih di blog biar ga lupa.
cari di search engine apps store dan yeay! banyak euy ternyata aplikasinya:))) udah gitu aplikasi untuk ibu menyusui ini kebanyakan FREE.. aseekk….

Duh kemane aja Rum:p

Sebenarnya ini karena pas ngelahirin Haura, anak pertama, aplikasi yang ada di hp belum ada tuh seperti sekarang. Nah pas yang anak kedua udah lebih mahir (tjiee, mahir…) jadi ga sempet ngulik aplikasi.Sekarang ini deh waktunya. Aplikasi aplikasi ini berguna banget insya Allah, buat ibu hamil yang sedang menunggu kelahiran atau buat new mom. Apalagi yang punya karakter dan sifat mirip dengan mimom, suka lupaan:)) macam ini…

Tadi nyusuin pake payudara kanan apa kiri yak yang terakhir?
Eh tadi udah pumping trus nyusuin lagi jam berapa ya?

Anak aku tadi ganti popok kayaknya kok dikit pipisnya?duh jangan jangan dehidrasi (pasang muka panik)
obat peninggi pelangsing itu aman ga ya buat busui? #eh #anakinstagrambanget

soo, ini sedikit review aku tentang aplikasi gratis di apps store (android ) maupun (iphone) untuk ibu menyusui. Check out!

  1. Feed Baby Apps ( fr-Penguin Apps)

feed baby Seperti yang di sebutin di review aplikasinya di google playstore/ apps store, Feed Baby ini bisa membantu mommy buat tracking kapan waktu menyusui, pumping, ganti diapers atau bahkan jadwal tidur si anak.  ada juga fasilitas buat nyatet obat apa yang diminum si bayi (misal) atau penambahan berat badan tiap bulannya (setauku di aplikasi ini pake kurva CDC/WHO) nantinya bisa diplotting jadi grafik.  Asiknya lagi, ada semacam timeline kita sehari hari, jadi bisa liat secara garis besar, anak mommy hari ini sama kemarin minum asinya sama atau ga atau semingguan ini kita pumpingnya on the track atau lagi males malesan.

Oiya personally yang bikin mimom agak amaze sama aplikasi ini, dia bisa sinkronisasi antara dua hp,smartphone,dll. Jadi mommy dan daddy yang lagi LDM bisa pake aplikasi ini daaan bisa update update lucu perkembangan bayi setiap harinya.

2. Lactamed (fr-NLM)

lactamedAplikasi yang satu ini bisa membantu ibu ibu yang mungkin sedang mengalami masalah kesehatan seperti pusing, mual, batuk, demam, diare atau baper #lah

Jadi lactamed ini satu aplikasi yang merupakan database obat plus suplementary yang bisa berefek pada menyusui. Kalo paracetamol, hampir semua ibu tau lah yaa kalo aman untuk busui,. Nah gimana dengan obat diare, obat batuk ? Aplikasi ini mengklasifikasikan obat obatan tersebut kedalam tingkatan aman, belum terbukti aman/tidak tapi pernah di gunakan oleh skala kecil perempuan dan tidak berefek, obat yang dapat berakibat/berefek pada bayi tapi sifatnya reversible (bisa hilang) dan yang terakhir obat yang berbahaya. Di lactamed ini juga disebutkan alternatif obat yang aman dari obat yang kita cari (semisal ternyata obat tersebut tidak baik). Sedikit catatan, karena berbahasa dan berbasis di luar, maka jika mommy mau mencari tau tentang satu obat, masukkan key word zat aktif dari obat tersebut, bukan nama/merk patennya yah:)

3. Baby Daybook (fr-Drilly Apps)

. baby dailybook

Apps with editor choice, yuhuuu…. si baby daybook ini overall isinya hampir sama seperti feed baby apps, bedanya kalo feed baby mengunakan icon dan tombol besar plus warna warni, kalo si baby daybook ini super simpel( secara tampilan). Background hitam, dengan warna oranye untuk highlights nya. bisa custom juga sih tampilannya, tapi tetap dengan pilihan dark interface. konon katanya supaya mommy ga keganggu kalo pas menggunakan aplikasi ini dimalam hari.  Kalo yang suka agak riweuhh sama tampilan childish, maka baby daybook ini cocok sekali buat mommy sekalian. trus tambahan, aplikasi ini bisa untuk beberapa bayi sekaligus. hmm, sepertinya mama bayi A,I,U,E,O bisa pake aplikasi ini 🙂

4. Breastfeeding, Pump,Track (Whisper Art apps)

 

. unnamedSatu lagi editor choice menurut google play, aplikasi ini konon dari review nya sih yang paling simpel. Pas mimom coba, so far hampir sama isinya dengan aplikasi di atas. Yang membedakan selain dia bisa dua macam feeding (formula or breastmilk) jugaaa.. no ads.. ahe! kadang emang iklan iklan di free apps bikin gengges, nah di aplikasi ini mereka ngejamin kalo ga ada iklan yang muncul. Selain itu data data yang sudah tersimpan bisa di export dengan format csv, kalo kalo mommy berganti device. Memudahkan sekali deh:)

5. Aplikasi Android Bka ( Bewei Digital Agency)

bkaYang satu ini, aplikasi dari dalam negeri (namun sayangnya masih berbahasa inggris, maksud hati pengen yang bahasa Indonesia gitu). breastfeeding management dari BKA indonesia ini berguna buat mommy untuk mengetahui jumlah untuk tiap kali pemberian, asi perah kita masih bagus atau ga (dinilai dari tanggal perah dan tanggal pemberiannya), menghitng jumlah asi perah dan beberapa info tentang asi perah atau asi itu sendiri. yang download sih baru 500-1000 user dan masih berbasis pada android saja. Tampilannya light dengan warna khas BKA, biru, soft green dan putih. I really appreciate this app, dan sangat berharap ada versi bahasa Indonesianya yang niscaya bisa lebih memudahkan ibu ibu dengan bahasa utama Indonesia dan tidak terbiasa dengan bahasa inggris.

 

Lima aplikasi tersebut di atas adalah aplikasi yang secara personal sudah mimom install lalu praktekin. DIantara kelima aplikasi tersebut, pasti banyak sekali pilihan yang main. Ada yang tersedia untuk masing2 negara bagian. Semoga suatu saat ada yang kepikiran buat bikin aplikasi seperti kelima aplikasi diatas, tapi lebih khas Indonesia yah:) Atau ada yang mau menambahkan rekomendasi lain? Silahkan komen dibawah yah..

 

Keeping happy breastfeeding!

Share This:

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *