Alat Alat Untuk Pumping Asi di Kantor

 

DSC00628

Apa aja sih yang perlu disiapkan kalau kita udah mau selesai cuti? Stok asip yee yang jelas..hihihi. Nah kalau alat nih, kadang suka bingung kan apa aja yang mesti dibawa.Aku sendiri berprinsip as simple as you can. Kenapa? karena kalau ribet, kemungkinan buat putus pumping di tengah jalan karena males, ngerasa capek itu tinggi banget.Belum lagi kalau di tempat kerja kita ga ada yang jadi temen senasib, atau tempat kerja kita, tempat yang berhubungan sama customer (hospitality industry,etc) yang bikin kita mau ninggalin kursi aja  susah, atau memang pada saat tersebut, tempat kerja kita belum menyediakan ruangan menyusui/lakstasi khusus untuk karyawannya. Butuh konsistensi dan niat yang sangat kuat. Makanya, simple is the best for pumping at work.

nah, aku jabarin ya alat apa saja yang kita perlukan saat mau pumping asi di kantor?

  1. Breastpump

I suggest you to try many breastpump before. Manual atau elektrik semuanya itu tergantung sama pemakainya. dua duanya bagus. Ada ibu yang harus pake electric dengan double pump baru bisa menghasilkan asip yang melimpah. tapi ada ibu yang pake manual juga udah jago. yang penting bawa, sambil tetep diingat kita mesti tau(bahkan wajib sebenarnya) latihan memerah asip dengan tangan. jadi kalo ada kondisi “darurat” memerah asi tetap bisa dilakukan.

2.  Breastmilk bottle/breastmilkbag.

Rata rata jam kerja di Indonesia itu adalah 7-8 jam kerja seharinya. Kecuali yang kerja shift. Pas dapat kerja shift malam, kita bisa kebagian 10 jam kerja. Nah, idealnya dalam rentang waktu segitu, kita bisa pumping 2-3 kali. Jadi sediakan botol atau kantung asip yang cukup sesuai dengan rata2 volume perahan kita setiap kali  pumping. Kalau aku pribadi dalam rentang waktu 8 jam biasanya membawa 5 botol asip dan sedia kantung asip di tas kerja. Kenapa ada sedia di tas kerja? karena manusia tempatnya khilaf :p bisa jadi someday pas hari hari sibuk kamu lupa tuh bawa botol kaca asi, kantung asi tetep tersedia di tas kerja. atau kalo kamu punya kubikel sendiri, taruh saja 1 pack kantung asip di laci meja kerja.

3. Spare Part Breastpump

Lagi asik asiknya pumping eh tiba tiba celetakk!! itu tuas pompa patah:(( atauu pas udah lagi mau dipake tiba2 sadar membrannya sobek. harus siap nih

 

Share This:

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *