CARA MENSTERILKAN BOTOL KACA ASI PERAH

botol kaca asi
botol kaca asi vial 100 ml

Bagaimana cara mensterilkan botol kaca untuk asi perah? Pertanyaan ini sering sekali muncul terutama dari pelanggan  tokomimom

Karena kebetulan barang yang lagi hits di online shop mimom emang botol, mimom jadi punya ide blog post tentang gimana sih mensterilkan botol kaca untuk asi perah. Didalam tulisan ini mimom mau membaginya menjadi dua bagian yaitu untuk botol kaca yang baru dan botol kaca yang rekondisi. let’s GO;)

BOTOL KACA ASI BARU

botol kaca asi baru biasanya ditandai dengan permukaan dalam maupun luar yang cenderung lebih buram/ kasar. botol kaca asi ini baru diproduksi dan memang ( sebagian besar) diperuntukkan untuk penggunaan menyimpan asi perah. Cara mensterilkan nya adalah sebagai berikut

DENGAN CARA DI REBUS

1.Pertama cuci bersih botol botol tersebut dengan air dan sabun khusus yan food grade. bisa dengan sabun khusus pencuci botol bayi. pastikan semua bagian tercuci bersih.Cuci juga penutup karetnya.

2. Siapkan satu panci untuk merebus, letakkan botol botol tersebut dalam satu panci. Jika botol yang ingin disterilkan banyak dan panci tidak memadai, lakukan dalam beberapa tahap/ bagian. Isi panci dengan air. pastikan semua bagian botol terendam air. Untuk penutup karet bisa di rebus di panci yang lainnya.
Penting di ingat jangan mendidihkan air terlebih dahulu baru kemudian memasukkan botol kaca. Hal ini bisa berakibat botol kaca pecah karena perubahan suhu yang drastis. gunakan panci berbahan stainless. tutup panci.

3. rebus botol botol tersebut hingga air mendidih selama 10 menit. Jika air sudah mendidih, matikan api dan tunggu hingga uap panas hilang.

4. Keluarkan botol dari panci dengan menggunakan penjepit. keringkan botol kaca tersebut ditempat yang bersih

5. botol kaca telah siap digunakan.

DENGAN MENGGUNAKAN STERILIZER

mimom menyarankan untuk penggunaan pertama kali, botol kaca tetap disterilkan dengan cara direbus. Nah untuk tahap berikutnya kalo teman2 tidak mau ribet, bisa menggunakan sterilan uap dsb. Ulangi tahap pertama, tahap berikutnya masukkan ke dalam sterilizer dan set sesuai petunjuk;)

BOTOL KACA ASI REKONDISI

Untuk botol kaca asi rekondisi seperti botol UC, botol infus paracetamol ,botol kaca bekas selai dan sebagainya masih dapat kita gunakan, dengan tahapan sebagai berikut.

  1.  Rendam botol botol kaca tersebut dalam cairan bleaching. bisa menggunakan bayclin+air dengan perbandingan 1:3 . rendam selama kurang lebih 24 jam. perendaman tersebut bertujuan untuk menghilangkan timbunan atau sisa2 zat yang disimpan sebelumnya di botol tersebut.
  2. Cuci bersih botol botol tersebut dengan air dan sabun khusus yan food grade. bisa dengan sabun khusus pencuci botol bayi. pastikan semua bagian tercuci bersih. Cuci juga penutup karet/ stainlessnya.
  3. Siapkan satu panci untuk merebus, letakkan botol botol tersebut dalam satu panci. Jika botol yang ingin disterilkan banyak dan panci tidak memadai, lakukan dalam beberapa tahap/ bagian. Isi panci dengan air. pastikan semua bagian botol terendam air. Untuk penutup karet bisa di rebus di panci yang lainnya.
    Penting di ingat jangan mendidihkan air terlebih dahulu baru kemudian memasukkan botol kaca. Hal ini bisa berakibat botol kaca pecah karena perubahan suhu yang drastis. gunakan panci berbahan stainless. tutup panci.
  4. rebus botol botol tersebut hingga air mendidih selama 10 menit. Jika air sudah mendidih, matikan api dan tunggu hingga uap panas hilang.
  5. Keluarkan botol dari panci dengan menggunakan penjepit. keringkan botol kaca tersebut ditempat yang bersih.
  6. botol kaca telah siap digunakan.

 

demikian cara untuk mensterilkan botol botol kaca asi perah. boleh dishare lagi loh jika berkenan:)

 

Share This:

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *